Friday 26 November 2010

Pengalaman adalah Guru yang Terbaik (Part 2)

"I hear, I forget. I see, I remember. I do, I understand.."
Itulah salah satu qoute yang melekat di hati gw saat gw sedang mengikuti kegiatan perkuliahan Algoritma dan Pemrograman saat semester 1. ya, kata-kata itu sangat membekas di hati gw, gw tau klo bukan dosen gw yang berkata begitu, tapi memang ada tertulis di dalam slide materi AlgoProg.. Tapi ya karna saat itu dosen gw yang mengajar, dia yang membacakannya, sehingga yang gw ingat adalah dosen gw yang berkata seperti itu.
Kalimat tersebut memang benar adanya, kita banyak melupakan sesuatu yang hanya kita dengar saja, gosip-gosip, obrolan kita ketika berada di WC bersama teman, obrolan ketika sedang break time, sebagian besar hal yang kita dengar akan kita lupakan dan hanya sedikit yang masih kita ingat. Dan kita akan mengingat hal itu jika ada kejadian atau kondisi yang mengingatkan kita pada hal itu.. Tapi walaupun kita sudah melihat kejadian tersebut, mungkin kita tidak pernah mengerti bagaimana hal itu bisa terjadi, dan bagaimana hal itu akan berdampak bagi seseorang sebelom kita melakukannya. Ketika kita udah melakukan hal itu, kita akan baru mengerti bagaimana rasanya dan bagaimana hal itu bisa terjadi..

Gw akan berikan 1 contoh, Guru SD gw sering mengatakan pada gw untuk tidak menyontek karna itu dosa. Katanya sih begitu. Saat gw mendengar hal itu,. gw baru tau klo itu dosa.. "Ohhh.. nyontek itu dosaa..", tapii walaupun begitu, kalau guru gw ga berkata "nyontek". gw ga tau loh klo ada kata kerja/ kegiatan yang disebut nyontek. hahaha.. Saat guru gw berkata nyontek itu dosa, gw hanya tau klo ga boleh nyontek, gw blom tau tuh dosa menyontek tuh seperti apa, dan apa akibatnya klo kita menyontek, karna saat itu gw hanya mendengar.. belum melakukan.. (karna seinget gw, gw adalah orang yang penurut saat masih SD.)

Nahh.. Kapan gw mengingat kegiatan yang disebut nyontek itu? Ketika gw mulai melihat teman-teman gw nyontek saat ulangan, gw melihat sendiri bagaimana mereka bertanya ke depan ke belakang ke samping atau dengan menyembunyikan kertas di balik telapak tangan mereka.. Gw saat itu inget.. "Ohh.. mereka lagi nyontekk..." Dan ketika ada teman gw yang ketahuan menyontek, gw melihat bagaimana mereka dihukum oleh guru gw. Gw hanya melihat mereka di panggil ke kantor guru, tidak tahu apa yang mereka lakukan di sana.. hahaha..

dan ketika gw melakukan sesuatu yang bernama nyontek, gw baru benar-benar merasakan seperti apa itu nyontek. .hahaha.. Gw inget, saat kelas 5SD, gw menyontek saat ulangan mandarin. Gw menaruh catatan kecil pada dasar kotak pensil teman gw, Kotak pensil itu transparan jadi klo guru tidak melihat, gw tinggal mengangkat dan melihat dasar kotak pensil itu dan melihat jawabannya.. hahaha.. Padahal cuma melihat kotak pensil doang, rasanya deg-degan bangett.. wkwkwk.. dari situlah gw baru mengerti bagaimana serunya nyontek, gw mengerti bagaimana orang-orang bisa berkata "Nyontek kan usaha jugaa.. " dan saat gw kelas 1SMP pun gw sangat giat dalam menyontek.. wkwkwk. saking giatnya, gw banyak mencoba menyontek dengan cara-cara yang bahkan tidak berani dilakukan temen gw.. wkwkwk.. gw inget saat gw meletakkan buku materi di kolong meja saat ulangan umum kelas 2SMP.. padahal seharusnya buku dan tas diletakkan di depan kelas, klo ketahuan ada buku di dalam kolong, nilai pasti 0. Tapi koq gw berani? hahaha.. Gw ingat benar kalau kolong meja / laci meja di sekolah gw saat itu cukup rusak. Banyak murid yang meletakkan minuman atau botol air dingin di dalem kolong sehingga membuat papannya rusak. Nahh, dengan begitu, gw bisa menyembunyikan buku gw di dalem lapisan papan yang terangkat itu.. hahahaha.. "I do, I understand".

Karna hal itulah , gw baru mengerti mengapa seorang pelajar suka melakukan kegiatan yang namanya "menyontek". karna menyontek itu bagi mereka adalah sesuatu yang menegangkan, menantang dan mengasikkan.. hahaha..

Tapi bukan itu yang mau gw bagikan, kegiatan menyontek ini hanyalah 1 contoh kecil saja.. banyak hal yang bisa kita terapkan dari quote tersebut. Seperti seorang yang belajar ngoding, dia mungkin akan lupa ketika mendengar teori dari dosen, dan akan ingat ketika melihat temannya sedang ngoding sambil menjelaskan.. tapi dia baru akan mengerti jika ia sendiri yang ngoding, bukan orang lain..

Hal ini cukup membuat gw menyesal karna saat ujian kalkulus tanggal 24 November 2010 tidak gw persiapkan dengan baik, gw sudah mendengarkan dosen gw dengan baik selama stengah semester ini, gw melihat dosen gw mengerjakan soal-soalnya, gw melihat dan memperhatikan teman-teman gw mengerjakan contoh soal dengan baik. Tapii, gw tidak mengerjakannya, gw hanya belajar dari penglihatan dan pendengaran gw sajaa.. Akhirnya, ''I don't understand" dehh.... Semoga ini juga bisa menjadi pelajaran bagi gw dan teman-teman yang sekarang sedang mempelajari sesuatu..

No comments:

Post a Comment

Poll