Saturday 13 February 2010

Valentine Day...

Jika tak ada kata yang dapat tuk di ucapkan, Saya masih akan mendengarkanmu.
Jika tak ada tangis dan air mata, dan tak ada perasaan di dalam hati ini. Ku akan tetap merasakan dirimu.
Meskipun matahari enggan untuk bersinar...... Kau masih tetap memiliki hatiku..

Ya,, kurang lebih begitulah syair dari lagu "My Valentine".. hehehe..
Hari valentine, bagi sebagian besar orang, adalah hari yang istimewa. tapi mungkin tidak bagi beberapa orang..

Saat kita mengingat bahwa hari valentine merupakan hari kasih sayang, seharusnya kita bisa merasakan kasih sayang dari orang orang tertentu..

Tapi mungkin tidak semua orang mengalaminya.. ~_~

Inget hari Valentine, gw keinget dengan masa-masa SD, di saat gw sangat gencar membagi bagikan coklat pada temen-temen sekelas gw.. hehehe.... Saat itu, sebelum tanggal 14, gw udah pergi dengan seorang teman baik gw, namanya Indra, buat beli coklat di alfamart dan indomart.. hahaha...

Tepat hari-H, suasana kelas saat istirahat benar benar di isi dengan coklat.. Seneng deh waktu pendapatan lebih banyak dari pengeluaran.. Hahaha...

Tapi, makin tahun, gw sadar, kalau gw mulai meninggalkan kebiasaan itu, entah sejak kelas berapa. mungkin kelas 3 SMP, gw udah ga pernah kasih coklat ke orang lain lagi pada saat hari Valentine. Gw ga inget jelas apa alasan gw pada saat itu untuk tidak memberikan coklat pada orang lain yang gw sayangi. Tapi, yang jelas, gw terus melakukan kebiasaan itu sampe sekarang. Sebenernya sih pengen kasih ke seseorang, tapi gw udah ga tau lagi di mana orang itu berada. Gw berharap dia baik-baik aja sampai sekarang..

Okelah kalau begitu, masa lalu ya masa lalu.. saat gw mengingat-ngingat masa lalu gw, gw sering tertawa geli saat inget tingkah laku gw yang lucu.. hehe.. iya, ternyata dulu gw polos banget ya. Sekarang udah beda, gw dah makin dewasa dan pikiran gw kini ya berpikir seperti orang dewasa. gw keinget 1 kalimat,

"Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu. " -1 Kor 13 : 11-

Ya, memang sudah semestinya gw meninggalkan masa kanak-kanak itu, karna gw bukan anak-anak lagi, gw memang udah dewasa koq, udah cukup umur untuk bisa punya penghasilan sendiri. hehehe..

Valentine tahun ini, bertepatan pada hari Minggu dan hari Tahun Baru Imlek. tapi bagi gw, hal itu sepertinya biasa saja, tidak ada yang istimewa. Bagi gw, hari kasih sayang itu bukan tanggal 14 Februari.. Setiap hari seharusnya menjadi hari kasih sayang. Tanda kasih sayang ga harus selalu dengang bunga atau coklat atau uang, tapi bisa dengan tindakan lain.

Tindakan kita / sikap kita buat orang yang kita sayangi bisa bermacam-macam. Bisa kita lakukan dengan menghabiskan waktu senggang bersamanya, mengajaknya bicara saat dia bosan, atau. ketika dia berbuat sesuatu yang baik, ada bagusnya kalau kita keluarkan kata-kata yang membangun. seperti..
"Secara keseluruhan sih udah bagus, lanjutkan!"
atauu..
"Ya, memang jelek sih, tapi sangat bagus untuk pertama kalinya! Yang berikutnya pasti lebih bagus!"

Ya, memang ada banyak cara buat menyatakan rasa kasih sayang kita buat orang-orang yang kita cintai.. ^_^

Kalau menurut Gary Chapman, ada 5 bahasa kasih manusia , dan tiap orang biasanya punya 1 bahasa kasih primer.

1. Kata-kata Pendukung

Yang dimaksud disini adalah kata2 yang mendukung, menyemangati, membesarkan hati. Kata2 yang ramah, baik, menghargai, penuh rasa maaf, dan merendah.
Jadi biasanya orang dengan bahasa kasih kata2 pendukung ini membutuhkan dorongan dalam bentuk kata2. Dukungan positif.
Contoh:
“Kamu nampak keren dengan baju itu, nak”
“Terima kasih karena sudah bekerja keras untuk kami”
“Bu tahu kan nasi goreng yang ibu buat hari Sabtu kemarin? Apa mungkin Ibu buat lagi minggu ini? Aku suka nasi goreng itu, bu”

2. Saat Mengesankan

Yang dimaksud disini adalah spending time quality time together.
* memberikan perhatian sepenuhnya
* saling berpandangan dan berbicara
* saling memberikan seratus persen
* kebersamaan, yaitu perhatian yang dipusatkan, bukan sekedar kedekatan
* berbagai pengalaman, pikiran, perasaan dan hasrat dalam suatu konteks dan tidak terputus-putus
Contoh:
Seorang anak dengan bahasa kasih ini pasti membutuhkan kehadiran orang tua bersamanya bermain bersama atau hanya sekedar mengajarkan dia matematika.

3. Menerima Hadiah-hadiah


Yang dimaksud dengan menerima hadiah-hadiah sini adalah:
* Sesuatu yang dibeli, ditemukan, atau dibuat untuk diberikan kepada orang yang kita kasihi sebagai ungkapan simbol visual dari kasih
* Pemberian diri, yaitu kehadiranmu di saat-saat paling penting

Hadiah yang dimaksud di sini ga harus hadiah yang mahal, tapi bisa berupa karya kita, walau murah harganya, yang penting adalah niat kita untuk memberikan hadiah tersebut.

4. Pelayanan


Yang dimaksud dengan pelayanan di sini adalah:
* Melakukan hal-hal yang kamu tahu orang tsb ingin kamu lakukan. Kamu berushaa menyenangkannya dengan melayaninya, mengutarakan kasihmu kepadanya dengan melakukan hal-hal untuknya.
* Memasak makanan, menyiapkan meja, mengambilkan minum, menyiapkan keperluannya, dll.
* Pelayanan tidak dilakukan karena merasa takut, merasa bersalah dan karena benci. tapi karena kasih kita kepadanya,

5. Sentuhan Fisik

Yang dimaksud dengan sentuhan fisik di sini adalah:
* Kegiatan-kegiatan seperti memegang, memeluk, menggendong, mencium, dan sebagainya.
Contoh:
Menggosok atau memijat punggung, menepuk bahu, dan sebagainya.


Ya, mungkin cara-cara di atas terasa seperti pernyataan kasih kepada kekasih kita, tapi sebenernya ga cuma pasangan doang koq, kita bisa menerapkannya kepada orang yang kita kasihi, entah teman kita, atau adik kita, atau orang tua kita. tentu saja dengan cara yang sesuai.


Tapi, walaupun gw udah tau hal ini sejak lama, tapi ternyata memang sulit tuk melakukannya, kadang gw masih malu untuk memulai. malu untuk menyatakan perasaan sayang gw pada orang-orang yang gw sayangi, Teman gw pun begitu, ia sulit melakukannya karna tindakan yang tidak menyenangkan dari orang yang ingin ia kasihi..

Gw berharap kalian yang baca artikel gw kali ini, ga menyatakan kasih ke orang yang kalian sayangi hanya pada hari valentine aja, tapi juga pada kedidupan kalian sehari-hari.

Gw pun akan selalu mencoba melakukan hal-hal di atas, walau mungkin malas atau sulit untuk melakukannya. Karna pada dasarnya setiap orang membutuhkan kasih.

No comments:

Post a Comment

Poll