Monday 15 February 2010

Perubahan itu ga mudah

Ya.. begitulah.. intinya sih cuma itu yang mau gw sampaikan, sesuai dengan judulnya.. Perubahan itu ga mudah, apalagi kalau itu adalah perubahan yang terjadi pada diri kita. mungkin kita akan sulit untuk menerimanya. Beberapa bulan terakhir ini, gw telah mengalami suatu proses perubahan.

Sempet terlintas di benak gw, kalau perubahan yang baik masa sih ga mudah? iya lah, memangnya apa yang mudah? mau kaya? emangnya gampang dengan usaha sendiri? sulit.. kalau ada perubahan yang menuju pada hal yang baik dan perubahan itu mudah, coba sebutkan dan buktikan pada gw kalau itu mudah..

Sampe sekarang sih, gw pikir blom ada tuh. ga ada yang mudah... Manusia punya cita-cita saat ia kecil , tapi coba lihat, apakah ada yang mendapatkan cita-citanya dengan mudah? Apakah saat ia sedang mengucapkan cita-citanya..


Fiuhhh.. begitulah hidup, gw pikir hidup ini memerlukan perubahan, Hidup ini dinamis, kalau kata senior gw, "Satu-satunya hal di dunia yang ga pernah berubah adalah perubahan itu sendiri" Artinya, perubahan itu pasti ada, dan ga mungkin berubah.. hehe..


Dulu, saat gw masih SMA, gw mulai mengenal komputer dan mulai tertarik dengan benda ajaib tersebut. Yang membuat gw makin tertarik dengan komputer adalah kemampuannya untuk membuat gw berbicara dengan orang lain tanpa menggunakan HP atau telepon.. dulu gw bener2 gaptek, ga tau apa2, gw kira orang komunikasi cuma bisa lewat hp, telp, fax, dan email. tapi saat itu gw baru tau kalau kita juga bisa real time chat dengan orang lain melalui komputer. hehehe..
Awal gw taunya sih lewat game CS. yang bikin gw tertarik bukan gamenya, tapi fitur untuk chat dengan pemain lain.. dalam hati gw, "WoW, hebat banget, bisa ngobrol dengan orang lain yang duduknya ga jauh dari kita, tapi ngobrolnya dengan komputer. Ga usah bayar lagi... hehehe"

Saat itupun gw mulai mengenal komputer sedikit demi sedikit. Dan itu gw banyak nanya yang macem-macem deh ama temen gw. Hehehe.. namanya Alek, dia salah satu orang yang paling mempengaruhi hidup gw sampe saat ini, mungkin kalau gw ga pernah mengenalnya, gw ga akan masuk jurusan komputer di Bina Nusantara. Mungkin gw akan masuk jurusan Matematika, atau Kimia, atau Fisika.. hehehe.. Tapi, ya ternyata gw udah sampe di tahap ini, gw telah menjadi mahasiswa Teknik Informatika.

Menjadi seorang Asistan Laboratorium Komputer adalah salah satu keinginan gw saat masih SMA, dan memang pada saat itu gw udah berencana untuk kuliah di Bina Nusantara. Saat gw masuk pun, ketika ada kesempatan, gw sempat bergumul, apakah harus melamar kerjaan tersebut atau tidak. Dan akhirnya gw berdoa ama Tuhan, gw saat itu bilang Tuhan, kalau Tuhan berkenan pada gw untuk bekerja sebagai aslab, maka gw akan bisa lolos sampe tahap berikutnya. Saat test penyisihan pun gw udah deg deg-an menunggu hasil. Dan ternyata gw diterima untuk sampe tahap pertama, dan tahap pertama ga semulus yang gw bayangkan, ternyata cukup banyak hal yang gw baru tau, sebelumnya gw pikir training tahap pertama akan mudah, ternyata tidak semudah yang gw bayangkan.

Setelah training tahap pertama selesai, gw diikutkan lagi dengan ujian/test menuju tahap kedua. Saat itu gw mendoakan hal yang sama pada Tuhan, dan ternyata gw lolos. Gw pikir Tuhan mengabulkan doa gw dan gw seneng banget.. hehehe..
Training tahap kedua ternyata memang lebih sulit dari training tahap pertama. Gw pikir ga akan bisa melanjutkannya lagi. Ya, ingin gw ceritakan seberapa sulit kondisi gw saat itu tapi sepertinya akan panjang.. Akhirnya, ternyata gw bisa lolos sampe tahap inti, gw di wawancara dan.. Ternyata, 1 lagi kebaikan Tuhan buat gw, gw bisa masuk tahap inti.. heheh... di sini lah gw mulai benar-benar merasa tersiksa.. heheheh.. gw ga bisa ngomong apa-apa lagi deh, saat gw berdoa pun, gw ga tau harus bicara apa pada Tuhan.. Apakah gw harus melanjutkan atau tidak.


tapi ,gw inget dengan doa gw sebelum mengikuti training aslab, gw keinget, bahwa gw bisa sampe tahap inti adalah berkat Tuhan, Tuhan udah berikan kesempatan buat gw agar bisa sampe tahap inti, masa gw masih harus menyia-nyiakan kebaikan Tuhan sih? masa gw menyia-nyiakan kesempatan yang udah Tuhan berikan buat gw? hehehe.. Dan saat itulah gw termotivasi kembali.. Gw pun lanjutin training aslab semampu gw, gw terus coba untuk memotivasi diri sendiri, karna saat itu gw ga ada teman, gw ga dekat dengan peserta training yang lain. Dan, kemudian keadaan pun membuat gw makin dekat dengan teman-teman peserta training yang lain. memang sih ga semuanya, tapi gw udah mulai dekat dengan beberapa peserta training yang lain. Tonny Lion Kencana, Mahenda, Stevano, Raymond, Sean Young. wahh.. mereka emang deh teman yang baik... hehehehe.. .

Tapi.. saat pertengahan training, Saat itu sedang materi Basic Web hari pertama, gw udah merasa ga sehat, mental gw mulai down. saat itu gw sepertinya udah ga bisa berpikir jernih lagi. akhirnya gw kabur dan ga ikut training lagi..

Gw pulang dengan pikiran yang kosong. Saat itu ,gw sadar, kalau gw ga bisa meninggalkan teman teman gw.. Gw pengen balik, tapi.. gw ga sanggup. Akhirnya, singkat cerita gw pamitan untuk keluar dari training.. Ya, berkat Tuhan ,gw udah sampe sejauh ini, dan gw yakin, padahal kalau gw melanjutkannya, gw bisa untuk sampe diterima dan kerja sebagai aslab. Tapii.. entahlah, pikiran gw sedang kacau, gw dah menyia-nyiakan kesempatan besar itu..

Dan akhirnya, gw pulang dan dengan malu, gw bilang ke nyokab gw kalau gw keluar dari training. gw ga sanggup, capek..
fiuhh..
Saat itu, gw mulai menjalani kehidupan kampus gw bersama teman-teman gw lagi, gw mulai membiasakan diri lagi untuk hidup seperti saat sebelum training, gw coba untuk belajar dengan semangat, karna saat itu memang saat Ujian Akhir Semester,.

Ya, ternyata gw memang siap untuk menghadapi ujian, dan gw pikir gw udah berhasil. hehehe..
Tapi ternyata, gw keinget dengan doa gw pada Tuhan, karna-Nya, gw udah bisa sampe training inti, tapi apa yang gw dapatkan saat itu? ternyata gw udah ga ikut training lagi, dan kesempatan gw untuk jadi aslab ilang begitu saja... Yahh.. mau bagaimana lagi. gw keinget dengan hal-hal yang harus gw korbankan untuk training, memang banyak banget sih, dan ga mudah untuk bisa sampe tahap itu, gw akui..

Perubahan itu memang sulit.. gw udah merasakannya, mungkin seperti kepompong yang harus rela untuk diam di dalam sarungnya selama beberapa hari baru bisa jadi kupu-kupu yang indah.. yahh.. perubahan itu memang ga mudah, gw pikir mungkin emang belum waktunya bagi gw untuk bisa punya penghasilan sendiri. kemampuan gw blom cukup untuk bisa berubah jadi kupu-kupu yang indah. hehehe..

Setelah itupun, gw dengan kerelaan hati, melanjutkan aktivitas gw sehari-hari dengan semangat yang baru.. hehehee...

Tapi, pada saat liburan semester, tanggal 11Februari 2010, gw ditelpon oleh pihak lab. mereka minta gw untuk ngajar di lab menejemen.. wah... saat itu gw lagi tidur dan dibangunkan oleh telpon itu, gw masih setengah sadar.. .hehehe.. karnanya, gw ga banyak nanya dan bilang aja ga.. hehehe..
Tapi , ternyata temen gw ada yang nge-wall FB gw dan menjelaskan maksud dan tujuan telepon tersebut. dan akhirnya gw yang tadinya bilang ga niat dan ga mau dateng, malah dateng briefing keesokan harinya . hehehe... di situ gw bertemu dengan orang-orang seperti gw, yang keluar saat lolos hingga training inti.. ternyata kami dipanggil karna lab. managemen sedang butuh tenaga pengajar....

Wahh.. hehehe.. gw baru tau kalau selain lab software, masih ada lagi lab menejemen.. hehehe.. gw pikir cuma aslab doang yang ngajar praktikum di lab, ternyata ada juga asisten yang tugasnya membantu praktikum di lab sedangkan yang ngajar adalah dosen, jadi tugas gw cuma membantu aja.. hehehe..

Mendengarkan tawaran yang di berikan, akhirnya gw setuju dan mau untuk kerjasama dengan mereka. Yaaaa.. gaji emang ga seberapa besar sih, lebih kecil daripada gaji asisten lab. software. tapi lumayan lah.. gw emang lagi butuh uang tambahan buat bantu ortu gw bayarin kuliah gw. Sifat kerjanya part time, jadi gw bisa atur jadwal gw untuk kerja.. hehehe..

Dan, akhirnyaa.. gw menemukan 1 jalan lagi yang Tuhan sediakan buat gw.. hehehehe.. gw harap ini memang menjadi tempat yang cocok buat gw. Gw akan berusaha untuk setia dalam hal kecil yang Tuhan berikan..

Semangat Ded!!! ^_^


Oh ya, dengan jadwal gw yang baru, gw harap gw punya waktu cukup untuk bisa ngajarin temen-temen gw.. hehehe.. Memang hobi gw untuk mengajarkan sesuatu yang gw kuasai pada temen-temen gw.. ga di bayar juga ga apa-apa, karna gw rela. tapi kalau di bayar juga gw rela koq.. hihihii.. ^_^

No comments:

Post a Comment

Poll