Thursday 8 November 2012

Unfinished Sentence

"Ketika saya belum belajar, aku adalah orang bodoh. Ketika saya sudah belajar, saya merasa makin bodoh."

kalimat ini sebetulnya adalah kalimat yang belum selesai, sehingga pada akhirnya, orang hanya mengartikan kalimat ini dalam artinya yang sesempit-sempitnya.

Seharusnya kalimat ini dilengkapi menjadi seperti berikut :
"Ketika saya belum belajar, aku adalah orang bodoh yang merasa sudah pintar. Ketika saya sudah belajar, saya merasa makin bodoh. Tetapi, saya yang amat bodoh dan berpikiran sempit ini sudah jauh lebih pintar dibandingkan dengan saya ketika belum belajar sama sekali"

Jika demikian, apakah ada orang pintar? 
Berdasarkan definisi dari http://www.mcscv.com
"Pintar adalah kemampuan untuk berpikir diatas rata-rata orang seusianya dan Mampu memaksimalkan kinerja otak dalam menemukan cara belajar paling cepat dan praktis."

Ini berarti seseorang bisa dikatakan pintar kalau dia sudah mampu berpikir diatas rata-rata orang seusianya, Berarti seorang yang bodoh, kalau memang ia bisa berpikir lebih baik dari orang lain, ia bisa dikatakan pintar. tapi, karna statusnya yang masih bodoh, ia tidak memiliki alasan untuk berhenti belajar.

Ya, memang tidak pernah ada yang berhenti belajar. Semua orang sedang belajar, saat makan, kita bisa belajar mengendalikan nafsu makan, belajar makan dengan cara yang baik dan sopan. Saat tidur, tubuh kita belajar untuk mencari posisi tidur yang nyaman. Saat berbicara dengan orang lain, kita belajar untuk mengendalikan perkataan kita, belajar untuk peka terhadap perasaan orang lain sehingga bisa berbicara dengan hati-hati. Saat berkeluarga, kita belajar membangun keluarga yang baik. Saat tua dan tidak bisa bekerja, kita belajar memanfaatkan sisa waktu hidup kita untuk melakukan segala hal yang kita bisa, belajar menjadi bermanfaat atau berguna untuk orang lain walau tubuh sudah renta.

Kapan seseorang berhenti belajar? Ketika ia sudah tak bisa belajar lagi, yaitu ketika meninggal.

Beritahu aku yang bodoh ini jika masih ada banyak contoh kalimat-kalimat yang tak terselesaikan yah.. :) dan mohon maaf apabila ada kalimat yang salah, jika tidak sependapat, coba utarakan idemu.  :)

No comments:

Post a Comment

Poll