Sunday 16 May 2010

Sibuk.. Sibuk.. Sibuk?? Apakah Saya Sesibuk Ini??

Tahun lalu, di tengah-tengah persiapan gw menuju Ujian Nasional, sekitar pertengahan bulan Maret 2009, gw ditawarkan teman gw untuk mengajari les semiprivate oleh temen gw, temen sekelas gw memiliki kenalan teman SMP yang juga sedang menghadapi UAN, sungguh suatu pergumulan yang berat. Di saat gw sedang kebingungan untuk menghadapi Ujian Nasional, di tengah ketidak-siapan gw, malah ada tawaran untuk mengajari les. Apakah gw benar-benar siap??

Dengan saran dari salah satu teman baik gw, Billy Aprianto, akhirnya gw memutuskan untuk menerima tawaran tersebut, ada 4 orang anak SMP yang siap untuk gw ajari selama 1 bulan sebelum Ujian Nasional, tempatnya dekat dengan tempat tinggal gw dan pertemuannya 2x seminggu.
Itu adalah pertama kalinya gw ngajar les dan tadinya gw penuh dengan ketakutan. Takut ga bisa ngajarin lah. takut ga ada materi lah., takut ga bisa bagi waktu dengan belajar untuk UN gw sendiri, dan banyak ketakutan lainnya..

Tapi, ternyata setelah menjalani semuanya, tidak ada hal yang menyulitkan, ternyata materinya masih gw inget.. hahahaha.. asiknya.. dan di tambah lagi, anak-anak didik gw itu rame dan seru untuk diajak ngobrol. hehehe.. Walau kadang mereka kehilangan fokus sampe tidak belajar, tapi gw mengingatkan mereka kembali untuk belajar lagi.

Dan setelah 1 bulan mengajari mereka, akhirnya mereka ujian deh, sangat senang rasanya ketika mendengar mereka bisa mengerjakan soal dengan baik, dan ketika tahu bahwa mereka bisa lulus.. ^_^
Ternyata perjuangan gw selama 1 bulan tidak sia-sia.. hehehe.. dan setelah mereka lulus, gw ga ngajarin mereka lagi deh. targetnya sampe UAN doang sihh. .hehehe

Sekarang, gw udah kuliah dan kerja part time sebagai asisten lab management. Ga pernah terbayang dalam benak gw kalau gw akan kuliah sambil kerja, tapi ternyata di sela waktu kuliah, gw masih bisa menyempatkan diri untuk kerja part time. Memang menyenangkan untuk bisa mengajari sesuatu yang saya miliki pada orang lain.. hehehe..

Klo tidak salah, tanggal 8 Mei 2010, hari sabtu, anak les gw yang kini udah duduk di bangku SMA menghubungi gw kembali, gw kira ada apaan, ternyata dia minta gw untuk jadi guru les dari sodaranyaa.. hehehe..

Tappiii... UN SMP kan udah lewat, koq minta les nya sekarang yah?? Ternyata sodaranya tidak lulus dan baru minta les.. Cape dehh.. SWT. masa udah ga lulus baru les sih? ckckck..

Ini benar-benar menjadi beban yang cukup berat. tanggung jawab gw untuk mengajari dia hingga dia bisa lulus dalam ujian ulang. Waktunya? cuma 1 minggu, tanggal 17 Mei dia udah harus ujian ulang.. dalam hati, gw berpikir, apakah gw akan mengajarinya atau tidak, jika ia, apakah nanti dia bisa lulus? Klo setelah gw ajari tapi masih ga lulus kan, malu juga gw sebagai guru les nya.. hmm.. bagaimana ini?

Akhirnya gw memutuskan untuk menerima tawaran tersebut. dan setelah berunding, akhirnya diputuskan bahwa les nya akan dimulai hari senin tanggal 10 sampe ujian selesai. Wah.. berarti tiap hari harus ada pertemuan nih,. Berhubung jadwal gw yang padat. gw cuma bisa ngajarin malem hari doang. Setiap jam 7 malam gw dateng ke rumahnya di persima dan selesai jam 10 malem. wahh.. bener-bener deh minggu ini menjadi minggu yang paling sibuk seumur hidup gw.. hehehe

Bayangkan saja, kegiatan gw selain kuliah, asistensi, masih harus mengajar pula.. berikut detail jadwalnya :

hari Senin 10 Mei 2010 : jam 7 siap-siap, jam 8 berangkat. jam 8.35 sampe kampus. jam 9 asistensi sampe jam 11, lalu kosong 1 shift numpang online di lab. jam 1 siang asistensi lagi sampe jam 3, berhubung sedang google day dan ada dosen yang tidak masuk jam 3, maka gw ngobrol ama temen sampe jam 5, seharusnya jam 5 ada kuliah, tapi dosen mendadak sakit dan ga bisa dateng, jadi ga ada kuliah. entah harus bersyukur atau tidak. Akhirnya gw pulang dan istirahat 1 jam lalu pergi lagi jam 7 untuk ngajar les. jam 10 malem baru selesai dan pulang ke rumah untuk istirahat..

hari Selasa 11 Mei 2010 : jam 7 siap-siap, jam 8 berangkat, jam 9 ada asistensi sampe jam 1 siang. setelah itu ada kuliah dari jam 1 sampe jam 5 sore, setelah itu pulang, istirahat sebentar ,lalu jam 7 pergi lagi ngajar les sampe jam 10.

hari Rabu 12 Mei 2010 : jam 6 pagi bangun dan siap-siap, langsung berangkat ke kampus karna ada asistensi jam 7.20 pagi. Setelah itu, jam 9 jalan dari kampus anggrek menuju kampus syahdan untuk kuliah sampe jam 1 siang, setelah itu gw ke sekre PO untuk persiapan PA (Pemahaman Alkitab). jam 3 sore ada kelompok kecil sampe jam 6 sore. Huaa.. padahal jam 4 ada temen yang sms, tapi sayangnya gw ga bisa temenin SMSan karna lagi KK (Kelompok Kecil)..
Setelah selesai KK, ada janji untuk ngobrol dengan ci Merry untuk membicarakan sesuatu, setelah itu gw langsung pulang menuju rumah, tapi karna waktu yang terbatas, gw mandi langsung pergi lagi jam 7 malem untuk ngajar les., wahh.. cape banget dahh.. dan seperti hari sebelumnya, jam 10 baru selesai dan pulang ke rumah..

hari Kamis 13 Mei 2010 : Tanggal merah di kalender. Bangun jam 9 pagi karna dah cape selama 3 hari akhirnya pake waktu yang ada untuk tidur sepuas-puasnya deh. hehehe.. Jam 12 siang masih merasa ngantuk dan tidur lagi sampe jam 7 malem baru bangun. Pas bangun gw jelas kaget, karna harus ngajar jam 7.30, Beuhhh.. langsung dah buru buru mandi dan makan lalu menuju TKP ngajar anak les..
Dan seperti hari hari sebelumnya, pulang jam 10 malem deh..

hari Jumat 14 Mei 2010: Ternyata istirahat 1 hari tidak berarti kesibukan sudah selesai yahh.. Hari Jumat ada kuliah pagi, jam 6 udah siap-siap dan jam 7 sudah harus sampe di kampus. Setelah itu kuliah sampe jam 9. lalu izin sama dosen untuk rapat pembentukan panitia di syahdan sampe jam 2 siang. Wahh.. ternyata jumat ini gw ga bisa ikut Persekutuan Jumat di kampus.. Setelah rapat ternyata bertemu dengan teman-teman dari Persekutuan Oikumene Binus dan makan bersama di rumah makan JaTim yang letaknya ada di sebelah kampus syahdan. .heheh..

Setelah jam 4 sore, akhirnya gw pulang ke rumah dan istirahat deh. Karna capenya, akhirnya gw tertidur sampe jam 7.30. Huaaaaaa.. Padahal jam segitu kan harus nge-les-in anak les.. wah wahh.. gawat dehh..
Untungnya setelah gw baca sms, si anak les minta les jam 8 malem, jadi masih ada waktu buat makan dan mandi deh. .hehehe..
dan seperti biasa, pulangnya jam 10 malem lagi deh..

dan hal yang kurang lebih sama juga terjadi di hari
Sabtu 15 Mei 2010 : berhubung hari sabtu libur menurut kalender akademik semester genap, maka gw akhirnya bisa beristirahat lagi deh.. hehehehe.. tapi malemnya gw tetep harus ngajar les lagi. dohh,.. cape banget dah klo hadepin anak kaya gini.. minta les setelah tau ga lulus, bukannya dari jauh hari sebelum UAN minta les, malah setelah pengumuman baru minta.. cape dehh...

Minggu 16 Mei, : Walaupun hari minggu waktunya untuk beribadah, tapi ternyata gw masih harus ngajarin les juga. karna waktu ujian ulang sudah semakin dekat, yakni hari senin tanggal 17 sudah mulai ujian bahasa indonesia, selasa sudah ujian matematika dan rabu bahasa inggris, kamis ujian IPA.. wahhh.. bener,. bener ngerepotin juga yahh..

Alhasil, minggu yang paling sibuk seumur hidup gw telah terlewati, dan gw tau minggu berikutnya tidak akan sesibuk minggu ini.. hehehe.. ^_^

Tapi, di tengah kesibukan gw, ga lupa untuk bersyukur pada Tuhan karna Tuhan dah berikan kepercayaan pada gw untuk mengajari anak les yang tidak lulus. semoga saja dia bisa lulus sehingga jerih payah gw tidak sia-sia.. ^_^

Bagaimana pendapat anda? apakah anda pernah mengalami minggu yang sesibuk saya? atau mungkin lebih sibuk dari saya?? jika iya, pasti anda tau bagaimana capenya minggu ini.. hehehe.. ^_^

1 comment:

  1. satu kata buwad lo "GILAA"
    sibuuk amadd trnyataa jdwal lo,, msti maxii ngajaar lgii tuh mlem".. ckck.. smogaa ajaa tubuh lo gag rubuuhh deh dedd :p

    banyaak makann,, bnyaak mnum,, bnyaak mkn buah,, klo gag vitamiin dedd.. hha..

    ReplyDelete

Poll