Wednesday 14 August 2013

Berpikir Kritis

Penting ga yah untuk berpikir kritis? hmm.. Gw sih ga pernah diajarin untuk berpikir kritis sejak kecil.
iyaa.. ga pernah.. sejak kecil gw cuma ngikutin aturan aja. kalau ada aturan yang ga gw ikutin, pasti dihukum. Entah dengan sabetan ban pinggang, sapu lidi, cusambi (cubit sampe biru), atau berdiri dengan 1 kaki selama 1 jam (berasa 3 jam) sambil jewer kuping sendiri...

Sampai..saat gw berumur 16 tahun, gw diingatkan guru Fisika gw, pak Didik M. buat berpikir kritis di awal masa SMA gw. Pak Didik menceritakan tentang anak kecil, yang biasanya menggambar gajah dengan menggunakan crayon warna abu. Memangnya kalau bukan warna abu, misalnya merah, atau kuning.. salah gitu? ya memang salah sihh.. Warna kulit gajah memang paling tepat adalah abu-abu. Tapi pola pikir anak-anak yang kritis ini ga salah. Justru lebih baik kalau seorang anak bisa berpikir kritis seperti ini. Jauh lebih baik daripada anak yang cuma mengikuti apa yang ada. Mengalir mengikuti arus. Ketika guru mengajarkan untuk menggambar gajah dengan warna abu, si anak nurut aja, dan ga pernah berpikir sama sekali, kenapa warna kulit gajah adalah abu?

Ya, menurut gw juga begitu. Seseorang harus kritis, berpikir kritis berguna untuk membantu kita menyadari kondisi kita, dan tahu persis apa yang kita lakukan saat ini. Jadi, ketika berbuat sesuatu, orang tersebut tahu hal yang diperbuat itu benar atau ga.

Oke, siapa yang ga pernah menggambar 2 buah gunung, dengan matahari di tengah, dan panorama hamparan sawah, dan sebuah rumah? Padahal guru kita sudah memerintahkan untuk MENGGAMBAR BEBAS.
Gw sebenernya agak menyesal, karna dulu gw juga gitu.. hehehe.. Seandainya, waktu kelas 1 SD, saat disuruh menggambar bebas, gw menggambar sketsa monalisa, atau menggambar seorang kakek yang sedang memancing bersama cucunya.. Mungkin sekarang gw dah jadi pelukis handal kali yah.. hehehe.. :P
Bukankah lebih baik kalau kita ga hidup mengikuti arus? Bukankah sangatlah baik jika kita bisa berpikir kritis?

Oke, siapa yang pernah bermain Super Mario Bros ? Salah satu permainan terkenal di konsol Nintendo ? Gw, selama bermain sih cuma untuk have fun aja.. Paling kalau adik gw main trus mati kena bebek, gw ketawain.. hahahaha..
Siapa yang pernah ngikutin alur ceritanya Mario Bros? Seorang tukang servis pipa, yang lari-lari, kluar masuk pipa, lawan boss (Cooper) demi mencari seorang putri (mimpi kali yah tukang ledeng mau nikah sama putri?), udah capek-capek sampe habisin nyawa, malah ketemu jamur doang dan jamurnya bilang "Tuan putri ga ada di sini, coba cari di kastil lain". Dah itu, herannya, kenapa di setiap kastil yang dikunjungi si mario selalu ada si Cooper yah? padahal tuan putri ga ada di sana..

Hehehe.. Seru juga yah kalau bisa berpikir kritis? :) Sekarang, gw mau nanya nih, apakah lu adalah orang yang kritis? oh iyaa.. gw kritis, tapi cuma untuk hal hal yang menarik perhatian gw aja.. kalau untuk hal-hal yang ga menarik, gw ga mau ambil pusing untuk berpikir kritis. khusus buat hal-hal yang ga menarik perhatian gw, gw mah ngikutin arus aja.. kaya sekolah nih, gw mah ga peduli buat apaan harus ada aturan pakai seragam rapi dan sepatu ga boleh warna hitam. Gw cuma taunya kalau gw dilarang pake sepatu warna lain dan baju ga boleh dikeluarin. Karna gw ga pernah peduli, makanya seringkali gw langgar tuh aturan.. Gw keluarin baju saat ga ada guru yg liatin, gw juga kadang pakai sepatu yang ada garis putihnya kalau sepatu hitam gw basah. makanya, gw sering jadi pelanggar aturan. Gw ga pernah mikirin sih.. jadi, gimana gw bisa peduli apa gunanya?
Oh iya, gw juga ga suka politik. gw ga mau pusing-pusing tuh soal politik. Orang yang main politik sebagian besar bejat, makany gw ga peduli dengan politik yang dilakukan oleh pejabat-pejabat negara gw..

Saudara.. pemikiran yang gw gambarkan barusan, bukanlah pemikiran orang yang kritis. Jangan ditiru yahh.. hehe.. Padahal semua (baca: sebagian besar) yang diajarkan oleh guru kita ada gunanya.. di dalam sebuah aturan sekolah, kita sebagai murid diajarin untuk hidup rapi, bukan cuma biar kita seneng, tapi juga menyenangkan orang lain. Koq bisa menyenangkan orang lain? iyalah, orang manapun pasti lebih suka liat orang lain berpakaian rapi. Coba tanya pada diri sendiri deh, lu lebih suka ngeliat boss/CEO berpakaian rapi atau ga rapi? Pasti kalau u ngeliat bos pakaiannya kluar, dasinya berantakan, jadi ilfil kan? atau mungkin u berpikir kalau itu orang bisa jadi boss pasti korupsi? 

Politik? penting yah? hehe.. iya penting bro,sist... sekarang ada nih orang teladan yang bisa dijadikan contoh orang yang berpikir kritis, dan peduli ama politik. Pak Jokowi dan pak Basuki (Ahok). Mereka gajinya mah gw yakin kalah sama bos-bos atau CEO perusahaan lokal, tapi mereka mau pusing-pusing benahin Jakarta.. Demi siapa? Demi orang-orang Jakarta juga. Bukan buat mereka sendiri.. Bagus ga? bagus.. kita sebagai rakyat juga seneng kalau punya pemimpin kaya mereka.. :)

Oke, ke topik yang lebih menarik yah.. hehehe.. Berpikir kritis soal cinta.. #eaaa...
Siapa yang pernah merasakan ga enaknya hidup jomblo? Pacar ga dapet-dapet? dan pengen banget dapet pacar yang romantis.. tunjuk tangan!! hayoo ngaku!! :D
GW yakin lah lu lu pada pernah merasakan hal itu. Nahh, apa yang perlu dikritisi yah? ada ga? ada ga? hehee.. Sebelum baca kalimat gw berikutnya, coba kalian kritisi deh soal kondisi tersebut.. Ayoo.. mikirr.. mikirr.. adakah yang salah dengan kondisi di saat kita sedang galau karna belum ada pacar? atau.. ada kondisi di saat kita udah deket sama seseorang, tapi orang itu ga menunjukkan respon positif kalau dia juga suka sama kita, bahkan menggantungkan perasaan kita? gimana pendapat kalian? :D apakah lu cuma berpikir kalau lu cuma bisa selalu berusaha dan berdoa, lalu berserah? atau cari yang lain? hahaha..



---Kalau kalian udah kepikiran, boleh dong di share di komentar.. hehehe
nah, ini pemikiran gw :

Masing-masing orang punya kehidupan. Sehingga, masing-masing orang bisa menentukan hidupnya sendiri apakah mau bahagia atau tidak. Kita sebagai seorang manusia (Seorang yah, bukan sepasang) bisa mengelola hidup kita sedemikian rupa sehingga hidup kita menjadi bahagia, termasuk ketika tidak ada pasangan seumur hidup.

Pasangan seharusnya menjadi penambah kebahagiaan. bukan penambah kesulitan. apalagi penambah kegalauan.. :D
kalau sebagian besar waktu di dalam hidup kita kita gunakan untuk menggalaukan orang yang kita harapkan menjadi kekasih kita (anggap aja ga dapet-dapet nih yah), maka kapan kita bahagia? Bukankah lebih baik jikalau kita menghidupi kehidupan kita sebagai seorang jomblo yang bahagia, dan kalau sudah waktunya, kita akan menjadi lebih berbahagia karna bertemu dengan orang yang klop dengan kita? :) yahh, kalau ga ketemu yah tetep bahagia, karna kita sedang menjalani kehidupan kita yang bahagia.. :)

yahh. bahagia yang gw maksud adalah tetap merasa bersyukur dan ga banyak beban lah.. Gw yakin tiap orang pasti punya masalah.. Tapi yang bahagia yang gw maksud adalah kita tidak menambah masalah kita dengan menghabiskan waktu pacaran kita yang putus sambung atau sia-sia dan menyesali waktu kita yang terbuang sia-sia karna orang yang sebenarnya ga pernah mencintai kita atau ga tulus mencintai kita.

Lagipula, bukankah seharusnya sepasang kekasih seharusnya mengusahakan cinta mereka bersama-sama? Kalau cuma 1 orang doang yang mengusahakan cintanya, buat apa? 

contoh kasus nih (gw ambil contoh seorang cowo, karna gw cowo, jadi lebih gampang buat contohnya. hehe).
Seorang cowo, jatuh cinta sama seorang temen cewe yang cakep dan menarik. Sayangnya si cowo penampilannya kurang menarik. Ga jelek, ga ganteng.. trus, kluarganya bukan kluarga kaya, jadi si cowo ga bisa tuh sering-sering ngajak si cewe jalan, atau bayarin nonton dan makan. intinya, sebesar apapun usaha si cowo dalam mendapatkan hati cewe cakep ini, masih kalah lah usahanya sama cowo lain yang ga kalah ganteng sama dia dan lebih kaya.. Jadi, kemungkinan besar, si cewe cakep ini lebih banyak habisin waktu sama cowo yg lebih kaya lahh.. soalnya si cowo kaya ini udah ga pusingin kehidupan keluarganya lagi, si cowo kaya, karna udah cukup kaya, ga terlalu pusingin nanti bisa kerja apa yang bisa dapet banyak duit, soalnya bokap atau nyokabnya udah ada kerjaan yang menjanjikan penghasilan gede. Beda dengan si cowo pas-pasan ini (yang mencintai si cewe cakep dengan luar biasa). Si cowo pas-pasan ini masih harus pusingin kuliahnya, belajar bener-bener serius biar tar pas kerja ga kaya S.Bln alias Sarjana bloon.. biar tar klo dah kerja, bisa cepet dapat promosi karna kerjaannya baik. Biar klo dah kerja, bisa punya tabungan buat biayain adik kuliah, buat beli rumah, soalnya selama bertahun-tahun, tinggalnya di rumah kontrakan mlulu.. trus, dah tau si cewe lebih tertarik sama si cowo kaya, si cowo pas-pasan ini masih tetep aja berusaha mendapatkan hati si cewe, padahal udah jelas-jelas si cewe cakep ini lebih tertarik sama si cowo kaya, malah si cewe cakep ga memberikan respon apa-apa terhadap usaha si cowo pas-pasan..

nahh, gimana perasaan kalian kalau kalian jadi si cowo pas-pasan ini? :D Galau kan? hahah.. sedih kan?
Sbenernya menurut gw, kalau si cowo pas-pasan ini adalah orang yang kritis, cowo ini ga perlu galau nan sedih lohh.. 

Mengapa? Begini pemikiran gw.. 
yang namanya CINTA, itu seharusnya diusahakan oleh kedua pihak. bukan satu pihak. setuju ga? bingung? oke, gw perjelas.
Misalnya, ada 1 pasangan (yang pastinya udah pacaran) sedang berantem ,gara-gara masalah sepele, ada orang salah sms, pakai kata "sayang, honey" ke HP nya si cowo. si cewe kbetulan baca dan marah.

kalau cuma ada SATU orang saja yang MENGUSAHAKAN cinta,(anggaplah si cowo, yg jadi victim dalam kasus ini), si cowo udah jelasin baik-baik ke cewenya, tapi si cewe (yang BUKAN pengusaha cinta) ga mau peduli dan akhirnya berantem, kemungkinan pasangan ini akan segera putus. setuju yah?
beda kasusnya kalau kedua orang ini sama-sama menjadi PENGUSAHA cinta. si cowo jelasin baik baik, si cewe juga walaupun kesel dan marah, tapi mau dengerin si cowo dan lebih percaya sama si cowo (yang lebih dia kenal) daripada si pengirim SMS yang ga dikenal, kemungkinan kasus ini ga akan pernah jadi masalah.

jadi, setuju yah kalau cinta itu harus diusahakan oleh kedua belah pihak? hehehehe..
kalau lu ga setuju yah udah lah, ngapain lanjut baca blog gw lagi? :P
Oke, kita kembali ke kasus si cowo pas-pasan. Dalam kasus ini, CINTA tidak diusahakan oleh kedua belah pihak, cuma si cowo pas-pasan yang jadi PENGUSAHA cinta, sedangkan si cewe cakep ga mengusahakannya. 

Kalau si cowo pas-pasan berpikir kritis dan tahu betul bahwa cinta itu seharusnya diusahakan oleh kedua belah pihak, maka seharusnya si cowo tahu, kalau si cewe cakep ini bukanlah orang yang cocok untuk dia. dan si cowo pas-pasan ga perlu menjadikannya sebagai beban pikiran atau penyebab kegalauan. Dengan begitu, si cowo bisa fokus pada tugas utamanya sebagai pelajar, dan ketika belajar, yah sambil cari-cari cewe yang mau mengusahakan cintanya bersama si cowo. Bukan mencari cinta sambil belajar. hehehehe..

oke, ada yang mau protes ? ada yang beda pendapat? atau ada pemikiran kritis untuk topik lainnya, silahkan share di comment. :) Kalau mau komentar, tolong jangan pakai kata-kata yang kasar yah.. :)

No comments:

Post a Comment

Poll