Monday 7 March 2011

Manusia Bisa Melakukan Banyak Hal

"Manusia bisa melakukan banyak hal"

coba pikirkan, apa saja yang dapat dilakukan oleh manusia??
pikirkan minimal 5 hal dan coba tuliskan di kertas atau notepad.

Saya sangat yakin, bahwa yang kmu pikirkan tidak semuanya sama dengan yang saya tuliskan di bawah ini :

-manusia dapat bertingkah laku sedemikian rupa sehingga orang yang ada disekitarnya dapat terpengaruh oleh tingkah lakunya.

-manusia dapat mengerjakan sesuatu yang tidak berguna dalam waktu yang cukup lama tetapi ia tidak menyadari bahwa yang dikerjakannya adalah kesia-siaan belaka.

-manusia dapat melakukan sesuatu yang bertentangan dengan logika..

-manusia dapat menjadikan dirinya tidak seperti manusia lagi..

=================================================================

nahh. beda kan?? hahaha.. iya.. memang banyak hal yang dapat kita kerjakan, manusia bisa belajar, bermain, melompat, meneliti, berkata kasar, berdoa, tidur, berenang, ke luar angkasa, bahkan manusia pun bisa menjadi error, gila, dan banyak hal yang dapat dilakukan manusiaa..

nah, aku mau ngajak kamu untuk berpikir....
dari sekian banyak kegiatan yang dapat dilakukan manusia, apakah semuanya itu baik?

aku yakin, bahwa kmu juga setuju, tidak semua yang dilakukan manusia itu baik. oleh karena itu kita perlu berpikir kritis, apa yang hendak kita lakukan itu baik atau tidak..

Mari kita lihat, seberapa banyak hal-hal yang terjadi di sekitar kita yang menurut anggapan saya adalah sesuatu yang tidak baik (buruk, tidak pantas, tidak layak, asusila).

1. Seorang bernama X masih duduk di bangku sekolah tingkat menengah ke atas berpacaran dengan seorang bernama Y. mereka sangat mesra dan sangat dekat, hubungan mereka begitu eksklusif, sehingga orang lain tidak bisa tau apa yang biasanya mereka lakukan saat berpacaran, ketika ada orang pihak ketiga mendekat dengan si Y sedikit saja, si X ini marahnya bukan main dan akhirnya terjadilah pertikaian sengit yang mungkin anda sudah pernah alami atau sudah pernah mendengar bagaimana teman anda mengalaminya... ini mungkin sudah menjadi hal yang biasa..
Tapi , pernahkah kita pikirkan, apakah ini adalah sesuatu yang benar? apakah tindakan ini berarti bahwa semuanya baik-baik saja? jika tidak, berarti ada yang tidak beress,, apa yang tidak beres?? apa yang harus dibenarkan?? mari kita jadikan diri kita sebagai seorang yang tidak membiarkan kejadian ini terus terjadi, kita ingatkan pada teman kita atau kita sendiri untuk tidak memperlakukan pasangan kita sebagai hak milik kita. ingat, siapa yang menciptakan pasangan kita? apakah si X yang membuat dan menciptakan si Y sedemikian rupa sehingga si Y dapat disebut hak miliknya?
Mari kita renungkan sejenak, apakah pihak ketiga ini, andaikan namanya Z, melakukan sesuatu yang salah?? belum tentu kan? bisa jadi si Z ini adalah sahabat kecilnya si Y, memang apa salahnya jika si Z ini dekat dengan si Y?
Mengapa X harus marah dengan si Z ?

Hal lain yang mungkin terjadi adalah, jika si X dan si Y adalah orang yang kelakuannya kurang baik, terkadang mereka masih suka melakukan suatu hal yang tidak pantas, misalnya berkata kasar, merokok di tempat umum, dan sebagainya, saya rasa anda sudah tau apa saja hal hal yang dianggap tidak baik oleh umum... Nah, apa salahnya kalau ada orang berbaik hati bernama Z yang ingin memperbaiki sikap salah satu atau kedua orang ini?
apakah hanya karena alasan X adalah kekasih Y sehingga si X atau si Y menolak niat baik dari si Z untuk mengubah sikap mereka untuk menjadi lebih baik??

that's life..


mari kita lihat sisi kehidupan lainnya yang mungkin sering kita temui di sekitar kita. .. :
2. Internet bukanlah hal yang misterius lagi bagi kita, tahun 2011 ini, kita sudah melihat begitu banyak perkembangan teknologi yang menyediakan fitur internet..
tanpa melihat statistik secara global, aku sudah melihat banyak orang disekitarku yang sudah mengenal internet, dan menyalahgunakannya.
Ya, yang paling ironi dari fenomena penggunaan internet adalah penyalagunaan fungsi internet.
Masyarakat kini sudah menjalani tren online, di mana saja, kapan saja, kegiatan yang disebut-sebut "online" kini sudah menjadi bagian hidup masyarakat, bahkan ada orang-orang tertentu yang waktu onlinenya tidak dapat diganggu.
Warnet, salah satu tempat online yang paling banyak dikunjungi oleh pelajar, mulai dari pelajar SD sampai mahasiswa, apa yang mereka lakukan? apa yang mereka kerjakan? game online! tepat sekali.. dahulu, sebelum online menjadi tren, mungkin kita memiliki waktu main yang terbatas, kita diberikan waktu untuk keluar rumah oleh orang tua kita sekitar 3-5 jam per hari, tapi kini anak-anak, pelajar dan mahasiswa banyak yang menggunakan waktu mainya lebih dari 6 jam per hari, apa yang mereka lakukan? seharusnya kan seorang pelajar lebih banyak belajar daripada bermain.
Beda dengan seorang pemain sepak bola yang memang harus lebih banyak bermain.. karena mereka belajar melalui permainan mereka..
Tapi apa yang dapat kita pelajari dari game online yang kita mainkan?
jika sehari kita bermain 2 jam saja, dan seminggu kita bermain 5hari, maka dalam waktu setahun, kita sudah bermain 520 jam! wahh. apa saja yang kita dapatkan dengan bermain 520 jam? hahahhah,, jika 1 jam bermain adalah Rp. 1500, maka dalam setahun kita sudah menghabiskan uang sebesar = Rp ....,- ???? isi sendiri yah.. :) lalu coba anda bayangkan, dengan uang segitu, anda bisa beli apa aja yah??

Apa yang salah? adakah hal yang salah dari 2 fenomena di atas??
Bagaimana seharusnya sikap kita? apakah kita akan membiarkan kondisi kita yang seperti ini?

oke, sebenarnya ada banyak hal lagi yang dapat kita kritisi di sini, tapii.. mungkin kamu bisa merenungkannya secara pribadi, apa saja hal yang seharusnya tidak kita lanjutkan? dan apa saja hal yang perlu kita pertahankan dan tingkatkan??

Coba anda luangkan waktu sejenak sebelum melakukan sesuatu, anda pikirkan, apa tujuan anda melakukannya? dan mengapa anda mau melakukannya?

contoh :
1. makan. untuk apa anda makan? dan mengapa anda makan?
Waspadalah!! Jangan sampai hal-hal kecil seperti ini tidak anda hiraukan sama sekali, mungkin anda pikir makan adalah sesuatu yang penting dan perlu sehingga tidak perlu dipertanyakan, sehingga kita cenderung makan sesuka kita ,ketika kita lapar, ketika kita tergoda untuk memakan sesuatu.
makan bisa jadi sesuatu yang tidak baik, jika kita tidak makan dengan baik,

2. rokok, aku tidak mau ngomong banyak hal tentang hal ini

3. memilih teman dan berteman, coba pikirkan baik-baik mengenai "teman sejati" yang anda pilih, ia teman atau penyesat?

4. pacaran, coba pikirkan, apa tujuan anda pacaran? apa yang mendasari anda memilih dia?
apa saja yang anda akan lakukan agar pacaran anda berhasil? apakah anda punya komitmen ketika memutuskan untuk berpacaran?

5. menyontek. coba pikirkan, apakah ini adalah kewajiban atau godaan? mengapa sekarang menyontek terkesan seperti kewajiban dan tantangan??

6.. Anda sedang berada di depan komputer? coba anda pikirkan, mengapa anda berada di depan komputer, sekarang? dan untuk apa? sudah berapa lama anda berada di depan komputer? hehehe

7. sekolah/kuliah, ketika ada guru atau dosen, apa yang anda lakukan ketika berada di depan kelas? bandingkan dengan apa yang seharusnya anda lakukan, apakah anda sudah melakukan hal yang seharusnya anda lakukan?


8. coba pikirkan hal-hal lain yang perlu anda kritisi, dimulai dari hal-hal yang paling sepele.. :)

semoga anda tertegur dan dapat mengubah tingkah laku, pikiran serta perbuatan anda menjadi lebih baik setelah anda merenungkan hal yang sudah saya ungkapkan ini. :)

God bless you.. (artinya : Tuhan, Allah yang menciptakan alam semesta, bumi, gunung, dan segala isinya telah menyertai kamu, sedang menyertai kamu, dan akan menyertai kamu..)

1 comment:

Poll